Sejarah Fasco (Fasilkom Science Community )

Tridharma pendidikan Universitas Sriwijaya sebagai salah satu institusi pendidikan tinggi adalah lembaga pendidikan, penelitian dan  pengabdian masyarakat. Seiring dengan berkembangnya paradigma baru yaitu membangun Universitas Sriwijaya sebagai Research University maka suatu keniscayaan dilakukannya peningkatan kualitas Universitas Sriwijaya di berbagai sektor pendidikan.

Di sisi lain, dunia pendidikan di Indonesia telah mengalami perubahan yang signifikan sebagai hasil dari amandemen Undang-Undang Dasar 1945 pasal 31, khususnya ayat 3 dan 5, dimana mulai saat ini, sistem pendidikan di Indonesia berorientasi pada peningkatan keimanan dan ketaqwaan serta akhlak mulia dan memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan menjunjung tinggi nilai-nilai agama.

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya diharapkan mampu memberikan support yang cukup besar dalam rangka pencapaian Universitas Sriwijaya sebagai Research University. Begitu banyak potensi keilmuan mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya yang belum tersalurkan dan teraktualisasi dengan optimal karena masih minimnya kesadaran rekan mahasiswa akan pentingnya pengembangan spesialisasi keahlian akademik maupun pengembangan dan penambahan soft skills selama masa kuliah. Banyak rekan mahasiswa terjebak pada pemenuhan nilai akademik tercatat saja (IPK) serta kurangnya pemanfaatan fasilitas akademik kampus secara optimal.

Dalam FASILKOM UNSRI sendiri, masih banyak mahasiswa yang memiliki karakter study oriented dan hanya berpikir bagaimana cara memiliki IPK tinggi sehingga dengan pola pikir seperti itu mereka cenderung untuk bersikap apatis.

Ketika kita cari tahu siapa saja mahasiswa FASILKOM  UNSRI yang memiliki prestasi di bidang keilmiahan maka cukup banyak jumlahnya akan tetapi pribadi mereka yang cenderung mementingkan diri sendiri untuk juara inilah yang mengakibatkan tidak bisa menularnya prestasi – prestasi tersebut ke mahasiswa FASILKOM  UNSRI lain sehingga hal ini nantinya membuat prestasi FASILKOM  UNSRI cenderung stagnan dan menurun.

Akan tetapi tidak semua mahasiswa berprestasi di bidang keilmiahan yang memiliki karakter diatas, ada sebagian dari mereka yang memiliki rasa peduli terhadap peningkatan budaya ilmiah di FASILKOM  UNSRI.

Barulah pada 18 September 2016, Fasco di dirikan. Pada awalnya Fasco merupakan sebuah Komunitas yang didirikan oleh beberapa Mahasiswa Fasilkom UNSRI, yang memiliki keinginan untuk membentuk atmosfer keilmuan di Fakultas. Pengagas dari Fasco itu sendiri ada Mela dari Teknik Informatika 2013 dan M. Yusuf dari Sistem Komputer 2014. Barulah pada tahun 2016, adanya verifikasi komunitas dilingkungan Fasilkom agar terbentuknya BO.

Oleh karena itu, terinspirasi dengan kondisi diatas, maka lahirlah Fasilkom Science Community sebagai wadah aktivitas dan aktualisasi FASILKOM  UNSRI dalam bidang akademik, khususnya peningkatan sisi edukasi (softskills) dan penelitian yang mengedepankan akhlak dan menjunjung tinggi nilai-nilai agama dalam setiap aktivitasnya dalam kerangka meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.